Monday, August 29, 2011

Peringatan International Youth Day

Surabaya- Peringatan International Youth Day, yang diperingati di seluruh dunia setiap 12 Agustus, tahun ini dirayakan oleh para pegiat lingkungan hidup di Tunas Hijau dengan menggelar kampanye lingkungan hidup. Diprakarsai oleh 4 orang mahasiswi Sosiologi Universitas Brawijaya Malang yang sedang kuliah lapangan di Tunas Hijau, kampanye ini mengangkat tentang perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan di angkutan umum.

 

Kampanye lingkungan yang bertajuk Sampah Juga Butuh Tempat Istimewa dan Angkot Bukan Tempat Sampah Umum ini dilakukan Sabtu sore (13/8).  Tempatnya di depan Taman Flora Bratang Surabaya dengan diikuti oleh 75 remaja yang berasal dari  beberapa SD, SMP dan SMA di Surabaya. Ide yang mendasari kampanye ini berasal dari pengamatan kotornya angkutan umum di Surabaya karena sampah yang dihasilkan oleh para penumpangnya seperti sampah bungkus permen, tissue bekas, botol minuman.

Dalam kampanye ini diusung dua tempat sampah raksasa bersama kaos langsung lima yang berisi ajakan menjaga kebersihan angkutan umum. Turut dibentangkan pula puluhan mural dan  poster tentang membuang sampah pada tempatnya.
 
 Partisipasi SMAN 5 Surabaya

Sesuai nama kampanye, para peserta menyerukan bahwa siapapun, dan dimanapun kita berada kebersihan merupakan hal yang penting terutama di dalam angkutan umum. Kita ketahui bahwa angkutan kota (Angkot) merupakan tempat umum yang seringkali digunakan tapi tanpa disadari banyak yang tidak menjaga kebersihan di dalamnya. Diberikan pula tempat sampah pada 22 angkutan umum yang melewati Taman Flora Bratang. Selain itu, ada pembagian takjil gratis kepada sopir angkot dan penumpang, dimana mereka juga diminta untuk membuang sampah bekas takjil nanti di tempat sampah yang baru saja dipasang.

Diharapkan dari pemasangan tempat sampah di dalam Angkot ini terjadi perubahan kebiasaan masyarakat yang selalu membuang sampah sembarangan di dalam angkot. Dari usaha kecil ini diharapkan semua pihak yang menggunakan jasa angkutan umum menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan terutama di tempat umum. Ada atau tidaknya tempat sampah bukan menjadi alasan untuk membuang sampah sembarangan karena saku juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat sampah sementara.
Reblogged from Tunas Hijau

No comments:

Post a Comment